» » » Waspada, Gula Juga Bisa Bikin Kecanduan

Waspada, Gula Juga Bisa Bikin Kecanduan

Penulis By on Kamis, 03 September 2015 |

http://nagittalonkatakatabijak.blogspot.co.id/

Nagittalon, Rasanya memang manis dan enak, tapi jangan sampai Anda terbuai dengan manisnya gula. Sebab gula juga bisa bikin kecanduan. Hmm kenapa ya gula bisa mencandu?

Tahukah Anda, rasa manis merupakan rasa pertama yang dicari seorang bayi untuk pertama kalinya. Tak heran, air susu ibu (ASI) pun terasa sedikit manis. Seiring bertambahnya usia, rasa manis didapat seseorang dari gula.

Ternyata menggunakan gula terlalu sering dan dalam jumlah besar dapat menimbulkan kecanduan atau adiksi. Hal ini dibuktikan oleh ilmuwan Amerika Serikat beberapa waktu lalu yang menyatakan bahwa produk makanan yang dimaniskan dengan gula atau makanan tinggi fruktosa sirup jagung dapat menyebabkan adiktif.

Bukti kecanduan gula parah dialami Nikki Oakley dari Inggris, yang bisa makan 50 sendok teh gula dalam sehari. Meski kecanduan gula tak membuat tubuhnya membengkak, namun ia merasa lesu, terus-terusan sakit kepala dan depresi.

Bagaimana hal ini dapat terjadi? "Gula akan merangsang dilepasnya endorphin yang membuat seseorang menjadi lebih tenang, nyaman dan rileks," terang spesialis gizi klinik, dr Ida Gunawan, MS, SpGK 

Oleh karena itu pada mereka yang mengalami 'kecanduan', asupan gula akan meningkatkan kadar serotonin di samping endorphin. Dengan begitu yang bersangkutan akan menjadi lebih nyaman, mudah tertidur, tidak sakit kepala, merasa kenyang, dan mengurangi tremor yang timbul karena putus gula.

Agar tidak kebablasan saat mengonsumsi gula, maka ingatlah untuk selalu menghitung maksimum penggunaan gula sebanyak 5 sendok teh dalam sehari. "Usahakan juga mengurangi asupan gula dari kue maupun bentuk tersembunyi lainnya," saran dr Ida.

Konsumsi gula yang lebih dari 5 sendok teh dalam sehari bisa meningkatkan risiko diabetes. Jika ingin tetap menikmati minuman dan makanan manis, alternatifnya adalah dengan menggunakan pemanis atau sweetener. Tapi jangan asal ambil sweetener. Pastikan sweetener yang Anda konsumsi memiliki nol kalori dan indeks glikemiknya rendah agar aman untuk gula darah.

Salam Naggittalon 
Nb : Blog Nagittalon Menerima Iklan Bisnis Online anda,Untuk informasi Harga Iklan yang ingin anda masukkan di di blog nagittalon silahkan hub: kasujo80@gmail.com
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya